Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Hal yang wajib di ketahui jika mau jadi programer

Halo teman-teman..

Karena berbagai kegiatan saya nggak sempat untuk menulis artikel di blog ini.

Nah mumpung sekarang sedang senggang saya coba menulis artikel apa saja sih yang harus di ketahui oleh seorang yang akan terjun menjadi programer?

Langsung saja..

Biasanya seorang yang awam ketika ingin belajar programing, keluhan pertama adalah pusing kodingnya, nggak bisa koding, ribet dan sebagainya.

Padahal menurut saya koding bukan menjadi hal yang utama ( tetap penting tp tidak dalam urutan pertama) 

1. Jika ada baru belajar program, maka yang pertama yang anda pelajari menurut saya adalah database. anda sebelum belajar programing anda mesti mengetahui seluk beluk database, tentang strukturnya, bagaimana cara membangun database, konsep-konsep dalam database itu apa saja. Kenapa kok database?
karena semua programing adalah tentang bagaimana mengolah dan menampilkan data sesuai dengan keinginan penggunanya. apapun bahasa pemrograman yang di pakai semua pasti akan pakai database. 

2. Logika
Yang kedua adalah logika, ketika menjadi programer maka hal yang penting untuk di asah adalah logika kita, langkah - langkah dalam setiap alur program menjadi hal yang penting  agar kita lebih mudah untuk membangun sebuah program / aplikasi.
Salah satu cara mengasah logika adalah dengan kita belajar membaca sebuah flow diagram

3. Pemilihan bahasa pemrograman
Banyak orang yang bingung ketika harus memulai dari mana untuk membuat program atau penjadi programer. Ketika konsep database sudah dikuasai, minimal kita sudah mengerti, dan logika kita sudah jalan. maka tentukan bahasa pemrograman apa yang akan kita pakai. Karena berangkat dari sini kita akan di tuntut untuk menguasai lebih detail lagi dan karena setiap platform mempunyai koding yang berbeda-beda.

Nah lalu bagaimana dengan koding? 

apakah koding tidak penting dalam pemrograman?

Koding penting karena koding adalah bentuk realisasi dari sebuah pikiran yang akan menjadi sebuah program. tp saya pribadi tidak menjadi kan koding sebagai hal yang paling penting, menurut saya banyak sekali koding2 yang ada di internet tinggal kita google aja pasti ada. nah tugas kita adalah membaca logika dari koding tersebut. saya tidak pernah mengingat koding2 dalam otak saya, cukup saya simpan dalam sebuah file dan akan saya panggil ketika saya akan pakai (copy paste)

So yang ingin jadi programer jangan sampai mundur hanya karena takut sama koding ya..

Semoga artikel ini bermanfaat..

Terima kasih...

Post a Comment for "3 Hal yang wajib di ketahui jika mau jadi programer"