Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Agar Baterai HP Awet Tidak Gampang Ngedrop

Halo temen-temen..

fungsi batre untuk sebuah gadget sangat vital.. karena batre merupakan sumber energy dari gadget..


beberapa hal yg bisa kita lakukan untuk membuat batre berumur panjang adalah

1. Jangan charger smartphone ketika sedang di gunakan.., kenapa? karena ketika smartphone sedang di charger maka suhu batre akan meningkat dan ketika HP terus2an dipakai saat di charger, maka nggak full2 tuh batrenya.., jadinya lama nanti ngechargernya..batre jadi panas.
ini yang bisa membuat batre tidak awet. dan perlu di ketahui rata2 batre yang digunakan untuk smartphone saat ini adalah berjenis Lithium Ion. dimana panas adalah menjadi musuh dari jenis batre ini.

2. jangan charger HP dalam kondisi batre sudah hampir habis.. atau di bawah 10%.. usahakan batre di charger ketika indikator sebelum 40%.. kenapa? karena ketika kondisi batre kosong, butuh tenaga yang lebih besar untuk mengisinya dan ini akan menyebabkan suhu dari batre meningkat/ panas.. seperti yg saya jelasin di depan bahwa hindari panas berlebih pada batre agar batre awet

3. Sebisa mungkin ketika melakukan charger biar sampai full dulu.. jangan colok cabut-colok cabut.. karena batre ada cycle countnya. maksudnya ada maksimum hitungan cycle yang akan menyebabkan peforma batre turun.
rata2 batre mempunyai 300-500 cycle. 1 cycle di hitung saat charger dan discharger..

4. kemudian yg tak kalah penting adalah menggunakan charger original, agar kesesuaian antara daya batre dan charger sama.. tidak kelebihan dan tidak kekurangan. ini juga akan memperlama umur dari batre.

5. Salah satu yang menyebabkan batre cepet rusak adalah karena beban yang berat untuk menghidupkan smartphone karena banyaknya aplikasi2 yang sedang berjalan. filter aplikasi matikan yang memang tidak di pakai close aplikasi kalau sudah tidak di pakai. agar beban batre tidak berat, sehingga nggak harus dikit2 charger.

Itu tadi cara2 agar batre smartphone kita tetap awet dan bertahan lama..

tapi yang perlu di ingat. namanya barang elektronik semakin lama di pakai maka peformanya akan semakin turun dan bisa2 memang rusak. jadi hal di atas hanya langkah preventive saja untuk lebih meningkatkan umur dari batre.

lakukan pergantian batre jika memang sudah diperlukan agar kinerja smartphone tetap maksimal..

Itu saja dari saya.. semoga bermanfaat.. jangan lupa untuk share ke temen-temen agar info ini lebih bermanfaat..


Post a Comment for "Cara Agar Baterai HP Awet Tidak Gampang Ngedrop"